Dr. Ramli, S.S.E., S.Pd., M.M
Pengaruh Pemasaran Hijau Dan Inovasi Terhadap Minat Beli Produk Kuliner UMKM Anjungan Pantai Manakarra Di Kabupaten Mamuju
Pemasaran hujau adalah kegiatan memanfaatkan produk ramah lingkungan untuk mendatangkan konsumen dan langkah inovasi produk yang dapat dilakukan dalam meningkatkan penjualan dan menjaga hubungan baik dengan konsumen sehingga kegiatan transaksi yang terjadi dapat dilakukan secara terus menerus berkesinambungan. Minat beli (willingness to buy) merupakan bagian dari komponen perilaku dalam sikap mengkonsumsi. Minat beli merupakan tahap dimana konsumen membentuk pilihan mereka diantara beberapa merek yang tergantung dalam perangkat pilihan, kemudian pada akhirnya melakukan suatu pemebelian pada akhirnya mel;akukan suatu pembelian pada suatu alternatif yang paling disukainya atau proses yang dilalui konsumen untuk membeli suatu barang atau jasa yang didasari oleh bermacam pertimbangan. Usaha Mikro Keci dan Menengah (UMKM) merupakan suatu usaha yang hanya memiliki ruang lingkup pasar yang kecil, tenaga kerja yang sedikit dan dikelola sendiri oleh pemilik usaha. Penelitian ini menggunakan dua variabel independen dan satu variabel dependen alat uji yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas dan uji regresi linear berganda secara parsial maupun simultan dengan derajat signifikan 0,05 (e=5%). Hasil uji parsial menunjukkan pemasaran hijau produk kuliner UMKM Anjungan Pantai Manakarra di Kabupaten Mamuju dengan angka signifikan diperoleh 0,000 < 0,05 dan angka thitung 7,956 > ttabel sebesar 1.66159 dengan demikian hipotesis penelitian diterima atau H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil pengolahan data tanggapan responden menunjukkan variabel inovasi produk kuliner UMKM Anjungan Pantai Manakarra di Kabupaten Mamuju dengan angka signifikan diperoleh 0,03 < 0.05 dan angka thitung 4.208 > ttabel sebesar 1,66159 dengan demikian hipotesis penelitian diterima atau H1 diterima dan H0 ditolak dilihat bahwa nilai signifikan 0,000 dengan menggunakan batas signifikan 0,05 dapat diketahui bahwa tingkat signifikan 0,000 > 0,05 angka Fhitung 36,783 > angka Ftabel 3,09 dengan demikian hipotesis ditolak atau H0 diterima dan H1 ditolak secar empiris data mendukung hipotesis yang diajukan sehingga disimpulkan pemasaran hijau dan inovasi secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap produk kuliner UMKM Anjungan Patantai Manakarra di Kabupaten Mamuju.
Kata Kunci : Pemasaran Hijau, Inovasi, Minat Beli Produk
Tidak tersedia versi lain