Dr. MUHAMMAD AQIL, S.Kom,M.M
Pengaruh Digital Advertising Dan Purchase Intention Terhadap Brand Awareness Marketplace Platform Shopee Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mamuju
Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan di mana secara langsung erhubungan dengan konsumen. maka kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar. advertising adalah salah satu alat promosi, biasanya digunakan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli saaran dan masyarakat dimana entuk penyajian iklan ini bersifat non-personal. brand awareness adalah kesanggupan seseorang calon pemeli untuk mengenalai atau mengingat kembali suatu merek sebagai bagian dari suatu kategori produk tertentu. konsumen lebih cenderung menyukai atau membeli merek yang sudah dikenal karena konsumen merasa aman dengan sesuatu yang dikenal.
Penelitian ini menggunakan satu variabel independen dan satu variabel dependen alat uji yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas dan uji regresi linear berganda dengan alat uji secara parsial (uji T) secara simultan (uji F) uji korelasi determinasi (R2) dengan derajat signifikan 0,05 ( e= 5%). Hasil penelitian uji secara parsial digital advertising (X1) diperoleh nilai signifikan 0,04 < 0,05 dan angka thitung 7,907 > ttael sebesar 1,66298, purchase intention (X2) diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan angka thitung 9,583 > ttael sebsar 1,66298. Sedangkan uji simultan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 angka Fhitung 21,897 > angka ftabel 3,10. Hal ini erarti secara empiris data mendukung hipotesis yang diajukan sehingga dapat disimpulkan bahwa digital advertising dan purchase intention secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap brand awareness marketplace platform shopee pada Mahasiswa universitas Muhammadiyah Mamuju.
Kata Kunci : Digital Advertising, Purchase Intention, Brand Awareness Marketplace Platform Shopee
Tidak tersedia versi lain