NUR FAJARIANI, S.E.,M.M
Pengaruh Kredibilitas Endorser dan Product Design Terhadap Purchese Decision Pada Produk Sepatu Futsal Merek Ortuseight Di Kabupaten Mamuju
Berdasarkan hasil observasi dan hasil wawancara singkat kepada beberapa konsumen yang mengatakan ahwa sepatu futsal merek Ortuseight merupakan produk baru yang belum cukup terkenal dikalangan masyarakat diandingkan dengan para pesainnya sehingga mereka leih memilih produk sepatu futsal merek lain. namun ada juga mengatakan bahwa alsan memilih sepatu futsal merek Ortuseight disebabkan endorser yang melakukan review atau alasan merupakan idola mereka, promosi yang dllakukan oleh endorser selalu update serta memberikan keterangan yang baik dan jelas ketika membuat story pada platfrom media sosial priadi endorser maupun media sosial Otuseight itu sendiri. namun keunggulan yang dimiliki oleh sepatu futsal merek Ortuseight dari segi daya tahan yang relatif baik dibandingkan para pesaingnya, pemilihan warna dari setiap sepatu yang diberikan sangat estetik sehingga memiliki banyak peminat. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian seluruh konsumen yang melakuakan pembelian sepatu Ortuseight dengan jumlah tidak diketahui atau tidk terbatas, jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus chocran dengan jumlah sampel 96 responden. Rumus yang dalam penelitian ini menggunakan regresi linear erganda, uji validitas, uji reabilitas, uji t dan uji F.
Hasil analisis kredibilitas endorser diperoleh nilai signifikan 0,007 < 0,05 dan angka thitung 2,738 > ttabel sebesar 1,66159, dengan demikian hipotesis diterima atau H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis product design diperoleh nilai signifikan 0,017 < 0,05 dan angka thitung 2,441 > ttabel sebesar 1,66159, dengan demikian hipotesis diterima atau H1 diterima dan H0 ditolak. Uji simultan menunjukkan kredibilitas endorser dan product design secar simultan angka signifikan 0,000, dengan menggunakan batas signifikan 0,05 dapat diketahui bahwa tingkat signifikan 0,000 < 0,05 angka fhitung 13,246 > angka Ftael 2,70 dengan demikian hipotesis ditolak atau H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti secara empiris data mendukung hipotesis yang diajukan dalam penelitian.
Kata Kunci : Kredibilitas Endorser, Product Design, Purchese Decision.
Tidak tersedia versi lain