NUR WAHYUNIANTI DAHRI, S.E.,M.
Pengaruh Taste Customer Satisfaction Dan Word Of Mouth Terhadap Buying Decision Pada Rumah Makan Cici Di Kabupaten Mamuju
Ketertarikan untuk melakukan penelitian terkait dengan taste ( Cita Rasa) karena rumah Makan pada umumnya memiliki perbedaan. Rumah Makan Cici sejak tahun 2009 sehingga saat ini masih tetap bertahan, bahkan memiliki pangsa pasar sebdiri yang melakukan pemesanan menu-menu bilamana terdapat kegiatan-kegiatan di kantor pemerintahan maupun swasta. Permasalahannya lebih pada mencaritau keunggulan yang dimiliki rumah makan cici melalui penggalian informasi terkait taste (Cita Rasa) terdapat penawaran untuk menggunakan Rumah Makan Cici dalam memberikan jamuan makan bagi tamu-tamu kantoran, hal ini dikarenakan pertimbangan tertentu salah satunya pelayanan dan cita rasa yang tidak memiliki varian dan inovasi dalam meracik menu makanan dan minuman sesuai perkembangan zamanatau menu kekinian. penelitian ini menggunakan dua variabel independen dan satu variabel dependen, alat uji yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas dan uji regresi linear berganda secara parsial dan uji determinasi dengan derajat signifikan 0,05 dan angka thitung 3,864 > ttabel sebesar 1,68967, dengan demikian hipotesis penelitian diterima atau H1 diterima dan H0 ditolak.
Hasil analisis customer satisfaction pada rumah makan Cici di Kabupaten Mamuju dengan angka signifikan diperoleh 0,004 ttabel sebesar 1,68957, dengan demikian hipotesis penelitian diterima atau H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis word of mouth pada rumah makan cici dengan angka signifikan 0,000 < 0,05 dan angka thitung 4,519 > ttabel sebesar 1,68957, dengan demikian hipotesis penelitian diterima atau H1 diterima dan H0 ditolak, tingkat hasil analisis secara simultan signifikan 0,000 > 0,05, angka fhitung 7,965 < angka Ftabel 2,87 dengan demikian hipotesis ditolak atau H0 diterima dan H1 ditolak. Secara empiris data mendukung hipotesis yang diajukan sehingga disimpulkan taste, customer satisfaction dan word of mouth secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap buying decision paa Rumah Makan cici di Kabupaten Mamuju.
Kata Kunci : Taste, Customer Satisfaction, Word Of Mouth, Buying Decision
Tidak tersedia versi lain