AMALIA, S.E.,M.M.
Pengaruh Kualitas Produk Kelompok Teman Sebaya Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pemebelian Pada Toko Sahabat Kosmetik Di Kabupaten Mamuju
Kosmetik merupakan salah satu produk yang sangat populer terutama dikalangan kaum wanita untuk menambah kecantikan wajah. Hubungan antara wanita dan kosmetik tidak lepas dari kualitas produk pembelian berbagai macam produk kosmetik dengan harapan memenuhi gaya hidup masyarakat dapat berubah akan tetapi perubahan ini bukan disebebakan oleh erubahnya keutuhan, kualitas produk menjad daya tarik tersendiri bagi setiap individu terbentuk ketika usia remaja, masa remaja berada pada usia 13 tahun hingga 21 tahun, usia ini meruapakan masa peralihan dan pencarian jati diri remaja sehingga pengaruh kelompok teman sebaya leih mendominasi keputusan pembelian produk, remaja mengalami proses pembentukan dalam perilakunya menilai prosduk sesuai dengan informasi yang didapatkan. Penelitian ini ertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumtif, kelompok teman sebaya dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada Toko Sahabat Kosmetik di Kabupaten Mamuju.
Penelitian ini menggunakan tiga variabel independen dan saru variabel dependen, penelitian ini menggunakan sampel 96 responden, untuk memberikan tanggapan terkait pernyataan-pernyataan indikator variabel pada kuesioner, alat uji yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas dan uji regresi linear berganda secara parsial maupun simultan dengan derajat signifikan 0,05 (e=5%). Hasil analisis kualitas produk nilai signifikan 0,017 < 0,05 dan angka thitung 3,653 > ttabel sebesar 1,66140, dengan demikian hipotesis diterima atau H1 diterima dan H0 ditolak, Gaya hidup nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan angka thitung 7,032 > ttabel sebesar 1,66140, dengan demikian hipotesisi diterima atau H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil uji simultan di dapatkan tingkat signifikan 0,000 > 0,05, angka Fhitung 16,787 < angka Ftabel 2,70 dengan demikian hipotesis ditolak atau H0 diterima dan H1 ditolak. Hal ini berarti secara empiris data mendukung hipotesis yang diajukan, sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, kelompok teman sebaya dan gaya hidup secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Sahabat Kosmetik di Kabupaten Mamuju.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Kelompok Teman Sebaya, Gaya Hidup Keputusan Pembelian
Tidak tersedia versi lain