Dr. Ramli, S.S.E., S.Pd., M.M
Pengaruh Storytelling Marketing Dan Elektronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Goomart Di Kabupaten Mamuju Tengah
Perkembangan Strategi Storytelling Marketing menjadi cara membuat perasaan, panca indra, pemikiran dan tindakan konsumenbekerja, hal ini tidak lepas dari citra manusia pada dasarnyalebih percaya kepada cerita dibandingkan dengan merek. Elektronic Word Of Mouth lebih efektif dalam penerapannya serta memiliki manfaat sebagai salah satu bentuk promosi dalam pemasaran. Konsep kampanye dan promosi yang dikemas melalui link internet yang dapat dikunjungi melalui iklan di website, Facebook, Twiterr, Instagram dan line menjadi potensial menjadi referensi dalam membentuk harapan masyarakat untuk melakukan pembelian produk hingga tercatat menjadi menjadi konsumen. Komunikasi pemasaran Elektronic Word Of Mouth menjadi strategi dapat dimanfaatkan Goomart di kabupaten Mamuju Tengah. Keputusan pembelian merupakan proses pengintegrasian yang mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif dan memilih salah satu diantaranya. Penelitian ini menggunakan tiga variabel independen dan satuvariabel dependen alat uji yang digunakan yaitu uji validitas uji reabilitas dan uji regresi linear berganda secara parsial maupun simultan dengan derajat signifikan 0,05 (e=5%).
Hasi [enelitian Storytelling Marketing (X1) diperoleh nilai signifikan sebesar 0,001 dengan menggunakan batas signifikan 0,05 dapat diketahui bahwa nilai signifikan 0,001 < 0,05 dan angka thitung 8,247 > ttabel sebesar 1.70329 dengan demikian hipotesis diterima atau H1 diterima dan H0 ditolak. Hasi analisis elektronik word of mouth (X2) diperoleh nilai signifikan sebesar 0,020 dengan demikian menggunakan atas signifikan 0,05 dapat diketahui bahwa nilai signifikan 0,020 < 0.05 dan angka thitung 6,206 > ttabel sebesar 1.70329, dengan demikian hipotesis diterima atau H1 diterima dan H0 ditolak . Tingkat signifikan 0,000>0,05 angka Fhitung16,242 < angka Ftabel 3,25. dengan demikian hipotesis ditolak atau Ho diterima dan H1 ditolak. Hal ini erarti secara empiris data mendukung hipotesis yang diajukan, sehingga dapat disimpulkan bahwa storytelling marketing dan elektronic word of mouth secara simultan atau bersama-sama erpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Goomart di Kabupaten Mamuju Tengah
Kata Kunci : Storytelling Marketing, Elektronic Word Of Mouth Keputusan Pembelian.
Tidak tersedia versi lain