RAHMAT KACO, S.E.,M.A.P
Analisis Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Pelanggan Pada Rumah Makan Cahaya Barokah Di Kabupaten Mamuju
Rumah makan Cahaya Barokah sangat genjar Melakukan Pemasaran Produk makanan dan minumannya, yang dilakukan dengan cara mengundang langsung pelanggan untuk datang ke rumah makananya serta memanfaatkan poster dan brosur untuk membuat pelanggan dapat berinteraksi langsung dengan produk makanan dan minuman yang dipasarkan. Seiring dengan perkembangan tren makanan dan minuman, unit-unit usaha rumah makan di kabupaten Mamuju juga semakin meningkat jumlahnya, hal tersebut menyebabkan Rumah Makan Cahaya Barokah Menghadapi persaingan yang tinggi dalam mendapatkan pelanggan dan keuntungan.
Penelitian ini dilakukan di rumah Makan Cahaya Barokah yang bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam mempertahankan pelanggan pada Rumah Makan Cahaya Barokah, sedangkan objek penelitian ini adalah strategi pemasaran yang diharapkan oleh Rumah Makan Cahaya Barokah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis SWOT ( Strengths Weaknesses Opportunities Threats).
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa posisi Rumah Makan Cahaya Barokah yang sedang berada pada posisi yang kuat dan memiliki peluang yang besar untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan demikian rekomendasi strategi yang diberikan adalah strategi agresif, artinya Rumah Makan Cahaya Barokah berada dalam kondisi prima dan mantap sehingga Rumah Makan Cahaya Barokah dapat terus melalukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan dalam isnisnya secara maksimal dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan segala peluang yang ada sehingga Rumah Makan Cahaya Barokah dapat memiliki keunggulan bersaing (cor adfentage)
Kata Kunci : strategi Pemasaran, Pelanggan
Tidak tersedia versi lain